SRB Provinsi Sulsel Sosialisasikan Fitur Rumah Belajar di Sekolah Penggerak Pertama Kabupaten Sidrap

(foto bersama Sahabat Rumah Belajar Provinsi Sulawesi Selatan dan Guru-Guru SMAN 5 Sidrap pada Kegiatan Sosialisasi)

Selasa, 02 November 2021. Dengan semangat berbagi dan berkolaborasi dua Sahabat Rumah Belajar Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2021, Adnan Tutu Guru SMAN 2 Sidrap dan Faisal Guru SMAN 8 Sidrap kembali melanjutkan rangkaian kegiatan sosialisasi Pemanfaatan Fitur Portal Rumah Belajar dalam Pembelajaran. kali ini, Kegiatan sosialisasi dilaksanakan di Sekolah Penggerak Pertama Kabupaten Sidenreng Rappang, SMAN 5 Sidrap.

Kegiatan sosialisasi dimulai sekitar pukul 09.40 wita, Peserta yang hadir sebanyak 24 guru SMAN 5 Sidrap (daftar presensi dapat dilihat disini). Kegiatan dibuka oleh Plt Kepala Sekolah bapak Syarifuddin, S.Pd., M.Si. Pada kesempatannya, beliau menghaturkan terima kasih atas kesediaan sahabat rumah belajar menjadikan sekolah yang dipimpinnya sebagai salah satu sekolah sasaran kegiatan sosialisasi. 

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan secara umum fitur utama portal rumah belajar antara lain: fitur sumber belajar, kelas maya, bank soal, laboratorium maya dan pemaparan lebih mendalam tentang fitur sumber belajar yang dibawakan oleh bapak faisal. Pada sesi selanjutnya, bapak Adnan Tutu memaparkan secara umum fitur-fitur pendukung portal rumah belajar antara lain: Peta Budaya, Buku Sekolah Elektronik, Wahana Jelajah Angkasa, Karya Bahasa dan Sastra, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, Blog Pena, Edu Game, Augmented Reality dan pemaparan lebih mendalam tentang fitur terbaru yang hadir di portal rumah belajar yaitu Augmented Reality. 

Konten Pembelajaran Augmented Reality merupakan media pembelajaran digital yang memungkinkan pengguna untuk melihat obyek-obyek 2D atau 3D yang diproyeksikan terhadap dunia nyata. Bapak adnan tutu menyimulasikan penggunaan konten pembelajaran Augmented Reality materi Virus pada mata pelajaran Biologi. Saat simulasi, ibu/bapak guru SMAN 5 Sidrap sangat antusias menyimaknya.

Setelah pemaparan fitur rumah belajar, sahabat rumah belajar berkolaborasi mengarahkan peserta untuk menginstall aplikasi Rumah Belajar di ponsel cerdas masing-masing. Peserta pertama dan kedua yang berhasil menginstall aplikasi Rumah Belajar diberi souvenir berupa stiker Rumah Belajar dan Buku karya bapak adnan tutu.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, sesi ini berjalan sangat interaktif, karena animo peserta untuk bertanya sangat tinggi. Beberapa pertanyaan peserta antara lain: bagaimana cara membuat konten video pembelajaran dan proses unggah ke portal rumah belajar, Apa kelebihan kelas maya dibandingkan platform lainnya, bagaimana cara kerja Augmented Reality. Pertanyaan-pertanyaan dari peserta dijawab langsung oleh bapak adnan tutu. Peserta yang bertanya diberikan souvenir berupa stiker rumah belajar. Hingga akhir sesi tanya jawab, beberapa peserta nampak masih antusias mencoba fitur-fitur rumah belajar di ponsel cerdasnya.

Kegiatan sosialisasi ditutup oleh Plt Kepala SMAN 5 Sidrap, bapak Syarifuddin, S.Pd., M.Si. Beliau kembali mengucapkan terima kasih atas terlaksananya kegiatan sosialisasi tersebut dan semoga apa yang disosialisasikan dapat bermanfaat bagi peserta. sebelum meninggalkan lokasi, sahabat rumah belajar dan peserta kegiatan melakukan foto bersama.

Suatu kehormatan dan kebanggaan dapat berbagi dan berkolaborasi di SMAN 5 Sidrap sebagai Sekolah Penggerak pertama di Kabupaten Sidrap dan sebagai salah satu dari 16 Sekolah Penggerak tahap pertama di Provinsi Sulawesi Selatan.



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama