SRB berkolaborasi dengan Disdikbud dan JSDI Sidrap melaksanakan Webinar Sosialisasi Pemanfaatan Portal Rumah Belajar


(Flayer Webinar)

Kamis, 11 Nopember 2021. Beberapa jam setelah melaksanakan sosialisasi di depan kepala SD dan SMP se-Kabupaten Sidrap. Duo Sahabat Rumah Belajar Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2021 kembali melaksanakan kegiatan sosialisasi Pemanfaatan Fitur Portal Rumah Belajar dalam Pembelajaran melalui Webinar. Pelaksanaan webinar merupakan hasil kolaborasi antara Sahabat Rumah Belajar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidrap serta Jaringan Sekolah Digital Indonesia Kabupaten Sidrap. 

Webinar dimulai pukul 14.20 wita agak terlambat dari jadwal yang telah direncanakan sebelumnya yaitu pukul 14.00 wita, karena adanya kendala jaringan disisi perangkat moderator webinar. Disesi sambutan, sambutan pertama dibawakan oleh ketua JSDI Kabupaten Sidrap Bapak Dirlan S.Pd., M.Si, pada kesempatannya beliau menyampaikan bahwa portal rumah belajar dapat menjadi opsi yang dapat digunakan pada pembelajaran daring. Selanjutnya sambutan kedua dibawakan oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bapak Dr. Muhammad Rohady Ramadhan, S.IP., M.Si, melalui sambutannya beliau sangat mengapresiasi terlaksananya webinar tersebut dan akan terus mendukung kegiatan-kegiatan sejenis yang bermanfaat bagi peserta didik dan pendidik, sekaligus membuka kegiatan webinar tersebut. Sambutan ketiga dibawakan PTP Madya Pusdatin Kemdikbudristek Bapak Kusnandar, M.Pd, Pada kesempatannya beliau memaparkan perjalanan program portal Rumah Belajar.

Setelah sesi sambutan, sesi selanjutnya merupakan sesi pemaparan oleh narasumber pertama dalam kesempatan tersebut bapak faisal memaparkan tentang portal rumah belajar secara umum dan secara khusus membahas fitur sumber belajar, cara mengakses konten-konten bahan belajar dan cara penggunaannya. Selanjutnya Sesi pemaparan kedua dibawakan oleh bapak adnan tutu dengan pemaparan fitur kelas maya, cara mendaftar di kelas maya sebagai sekolah penyelenggara dan sebagai guru, serta pengenalan antarmuka akun sekolah dan guru serta cara membuat kelas maya.

Setelah sesi pemaparan, moderator bapak Rais Lasse, membuka sesi tanya jawab langsung. sesi tanya jawab berlangsung sangat interaktif, pertanyaan dari 3 penanya didominasi pertanyaan seputar fitur kelas maya. Lima belas menit sebelum webinar ditutup, dilaksanakan kuis interaktif. Dimana 3 peserta yang memperoleh point tertinggi diberikan door prize.

Berdasarkan form pendaftaran jumlah peserta yang terdaftar kurang lebih 900an peserta yang berasal dari guru SD dan SMP se-Kabupaten Sidrap. Saat webinar berlangsung room hanya diisi 300 peserta webinar sesuai batas maksimal kapasitas room yang digunakan, sedangkan peserta webinar lainnya menyaksikan melalui channel youtube JSDI. 

Berikut Rekaman kegiatan webinar :


Sahabat Rumah belajar mengucapkan banyak terima kasih kepada Ketua JSDI Kab. Sidrap beserta jajarannya, Kepada Plt Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidenreng Rappang beserta jajarannya, PTP Madya Pusdatin Kemdikbudristek serta seluruh pihak-pihak  yang telah turut andil dalam terlaksananya kegiatan webinar sosialisasi fitur portal rumah belajar dalam pembelajaran, semoga apa yang kita lakukan bernilai ibadah disisi Allah SWT, Aamiin 




Post a Comment

Lebih baru Lebih lama